buat gue, ga ada band lain di dunia ini yang bener-bener bisa menjadi sebesar Coldplay. kalo ngomong gini, mungkin gue bakal ditimpuk fans Beatles, Kiss, atau Rolling Stone, even U2..hihihihi..

but, i mean, this is Coldplay! band yang debut nya gue ikutin dari jaman gue pake seragam putih biru, kalo diitung sih sekitar 16 tahunan yang lalu ya. inget banget dulu pertama kali liat review di majalah Gadis, dan saat itu juga gue niat cari kasetnya (kaset!? iya kaset, 90an banget kan?! hahahaha). Kaet gambar bulan warna oranye dan judul albumnya “Parachute”. Kalo ditanya kenapa gue suka, karena mereka dari Inggris! (yep..that is cliche aaandd cheesy) dan tahun-tahun itu adalah masa dimana gue suka banget Oasis, Blur, Radiohead, Arkarna and everything about British music. Rilisan pertama mereka yang akhirnya jadi booming di seluruh dunia yang fana ini “Yellow”, adalah salah satu lagu paling romantis menurut gue. kok bisa? weits! bukan gara-gara mantan ya, tapi coba dengerin dan perhatiin liriknya deh, kalo aja beat dan musiknya dibikin ala-ala John Legend, udah deh jadi lagu cinta mellow menye-menye (apa pula itu menye-menye..hahaha..sorry, but it’s my term for something melachonlic and cheesy)

“I swam across,
I jumped across for you,
Oh what a thing to do.
‘Cause you were all yellow,

I drew a line,
I drew a line for you,
Oh what a thing to do,
And it was all yellow.

Your skin,
Oh yeah your skin and bones,
Turn into
Something beautiful,
Do you know,
For you I’d bleed myself dry,
For you I’d bleed myself dry”

even Bruno Mars aja bikin Grenade (years after Yellow) yang mirip-mirip gini liriknya, jadi lagu melakonlis yang sendu kan?!? tapi Coldplay bikin itu lagu pake format band dan tetep kerasa dalem. jleb!

seseorang yang bertanggung jawab kenapa lirik lagu-lagu Coldplay se”unyu” itu adalah tak lain dan tak bukan…Mas Chris Martin. iya vokalisnya, yang ga gitu ganteng tapi charming..hehehehe..

butuh bukti lain? coba denger “Fix You”, itu lagu yang dia tulis khusus buat Gwyneth Paltrow yang waktu itu kehilangan bokapnya. Chris pernah cerita, gue lupa baca dimana, yang intinya adalah dia ga tega lihat Gwyneth yang waktu itu masih jadi istrinya, keliatan hancur dan Chris tahu dia ga akan bisa gantiin bokapnya Gwyneth, so he wrote that song. how romantic…

rayuan Chris Martin buat Gwyneth yang terakhir, ini menurut gue pribadi, ada di lagu “Everglow” di album terbaru Coldplay “A Head Full of Dreams”, isi lagu itu nyeritain gimana seseorang yang begitu sempurna dan istimewa, harus direlakan pergi. dan ada di bait setelah chorus, clue kalo dia dan Gwyneth harus berpisah tapi tetep jadi temen sampai nanti. dan Chris bakalan tetep kangen sama Gwyneth. duh..!

“Like brothers in blood
Sisters who ride
Yeah, we swore on that night
We’d be friends ’til we died
But the changing of winds
And the way waters flow
Life as short as the falling of snow
And now I’m gonna miss you, I know”

so, apparently, Coldplay bukan band rock alternatif atau British Rock, tapi sebenernya mereka adalah band rockmantic..yang bakalan bikin banyak orang terbawa perasaan (kata anak jaman sekarang sih baper) pas dengerin. Dan one day, gue berharap bisa nonton konsernya sama anak-anak & suami gue. *fingerscrossed*

xoxo,

Hay